MEMBANTU MENEGAKKAN DIAGNOSTIK LAYAKNYA DETEKTIF

Menjalankan sesuatu karena kegemaran pribadi akan berbeda rasanya ketika dipaksakan. Ya, begitu kiranya Dokter Kristin Indriana, Sp.PK memulai karirnya sebagai seorang dokter spesialis Patologi Klinik di Rumah Sakit Wava Husada. Sejak SMA ia menyukai pelajaran Biologi dan memutuskan terjun dalam bidang medis, khususnya kedokteran.

Dokter Kristin, begitu sapaan akrabnya, merampungkan pendidikan dokter umum dan gelar spesialisnya di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Perempuan asal Malang itu menjelaskan, di tahun 1999-2006 ia menempuh pendidikan dokter umum. Tujuh tahun kemudian ia memulai pendidikan spesialis patologi klinik. Pada tahun 2013, ia mendapatkan tugas belajar untuk mengambil spesialisasi patologi klinik. Mengingat saat itu rumah sakit sedang membutuhkan tenaga spesialis patologi klinik.

MENGAPA PATOLOGI KLINIK?

Dokter Kristin menjelaskan kajiannya merupakan suatu bidang keilmuan yang menarik. Ia bisa bekerja layaknya detektif dalam membantu menegakkan diagnosis. Diagnosis suatu penyakit selain ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium juga dibutuhkan dalam proses tersebut. Seiring berkembangnya dunia medis, laboratorium berkontribusi besar dalam penegakan diagnosis. ”Kita bisa membantu klinisi untuk memecahkan kasus dengan tepat dan cepat,” tuturnya.

Selanjutnya, dokter yang memiliki hobby jalan-jalan bersama keluarga tersebut bercerita di tahun 2007 sampai 2013 sempat membuka praktek pribadi di rumah. Sayangnya ketika itu kondisi menuntutnya sedia setiap waktu. Pun seringkali di tengah malam ada yang membutuhkan maka dengan sigap harus membantu. Seiring berjalannya waktu dan faktor kesibukan karena harus menjalani studi ia memutuskan berhenti.

Dokter Kristin Indriana, Sp. PK saat ini membuka praktek di Rumah Sakit Wava Husada. Di sela kesibukan bersama pasien, ia tak pernah melupakan kodratnya sebagai perempuan. Disinilah ia bercita-cita bisa menyeimbangkan perannya, baik sebagai dokter, ibu dan juga istri. ”Saya berharap dalam bekerja dapat memberikan manfaat bagi pasien dalam mencapai kesembuhannya,” imbuh Dokter Kristin.

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000