Tanya : Dokter, mengapa saya sering sekali mengalami mata ‘bintitan’?

Jawab : Bisa dipastikan ada faktor elergi. Biasanya sumbernya dari protein seperti telur atau hewan berkaki dua seperti bebek, ayam, dan lainnya. Jika tidak ada faktor elergi, bintitan yang terus berulang bisa menjadi suatu tanda-tanda keganasan. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

Tanya : Apakah pertolongan pertama ketika mata saya terkena sabun dokter?

Jawab : Mata segera dicuci menggunakan air bersih mengalir untuk mengeluarkan sabun. Jika dirasa mata merah dan perih dalam jangka waktu lama segera dibawa ke dokter spesialis mata. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

Tanya : Seseorang yang tidur sedangkan matanya setengah terbuka apakah berbahaya?

Jawab : Tidur setengah terbuka tidak berbahaya selama yang terlihat hanya bagian putih. Akan berbeda cerita jika warna hitam di mata terlihat (tidak naik ke atas). (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

Tanya : Dokter, apa saja dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget. Apakah paparan sinarnya akan menggangu mata kita?

Jawab : Ketika seseorang memakai gadget dengan jarak dekat, otot-otot di mata lama-lama akan berkontraksi. Saat lama bekontraksi, mata akan lama pula untuk relaksasi. Kondisi demikian jika berlangsung secara terus menerus akan menimbulkan penyakit Pseudomyopia atau rabu jauh tapi yang palsu.
Selanjutnya bisa menyebabkan computer vision syndrome dengan gejala utamanya mata mudah lelah, sering merasa pedas, pusing, dan lainnya.
Selain itu, gadget biasanya memancarkan sinar biru (blue light). Ketika sinar biru dampaknya terlalu banyak, akan menghambat hormon melatonin, yang diperlukaan saat tidur. Sifat Hormon Melatonin adalah stress release dan meningkat saat malam hari. Kebiasaan bermain gadget malam hari bisa menurunkan hormon tersebut. Jika hormon Melatonin rendah maka kualitas tidur pun akan terganggu. (dr. CATUR KURNIA W., Sp.M)

Tanya : Apa yang harus saya lakukan jika muncul masalah dengan wisdom teeth atau gigi geraham bungsu? karena terkadang sering bengkak pada gusi dan nyeri.

Jawab : Memang pada awal pertumbuhan gigi geraham bungsu agak sakit. Namun, jika gigi tersebut sudah tumbuh secara sempurna nyeri lambat laun akan hilang. Apabila masih nyeri ketika sudah tumbuh total maka segera konsultasikan ke dokter gigi karena kawatir gigi tersebut tumbuh dengan tidak benar. (drg. ACHMAD NADIAN PERMANA)

Pages: 1 2 3 4 5 6