dr. CATUR KURNIA W., Sp.M (Spesialis Mata)

Mata merupakan indera yang sangat berharga sehingga sangat disayangkan apabila terjadi gangguan yang akan membuat kita kesulitan dalam beraktivitas. Gangguan yang sering terjadi biasanya seperti mata menjadi buram ketika melihat dekat maupun kejauhan, mata merah, dan lain-lain. Gangguan tersebut kerap dinamakan dengan refraksi mata.

Menurut dokter Catur Kunia W, Sp.M, kelainan refraksi mata adalah kelainan pembiasan cahaya sehingga bayangan tidak fokus tepat di retina mata yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur. Pada kondisi normal, saat mata beristirahat bayangan dapat fokus tepat di retina sehingga penglihatan tajam dan jelas. “Kelainan Refraksi mata meliputi Miopa, Hipermetropia, Astigmatisma, dan Presbiopia,” urai dokter yang kerap disapa Dokter Nia tersebut.

Miopa atau yang biasa dikenal dengan rabun jauh merupakan kelainan refraksi dimana cahaya yang masuk ke mata tanpa akomodasi, namun jatuh pada titik di depan retina. “Daya akomodasi mata adalah kemampuan mata untuk menyesuaikan letak bayangan benda pada jarak yang berbeda tepat pada retina,” lanjutnya.

Lain halnya dengan Hipermetropia atau rabun dekat yang kebalikan dari miopia. Sementara, pada Astigmatisma kornea mata titik-titik miridiannya tidak sama kekuatannya. Sehingga menimbulkan keluhan berupa penglihatan ganda, kabur, bentuk bulat terlihat lonjong, dan sakit kepala.

“Presbiopia sendiri merupakan kelainan refraksi yang terjadi akibat semakin bertambahnya usia. Gejalanya berupa kesulitan membaca pada jarak baca dan lebih nyaman membaca bila tulisan dijauhkan,” tambah dokter alumni Universitas Brawijaya itu.

Dokter Spesialis Mata di RS Wava Husada tersebut mengungkapkan bahwa kelainan refraksi mata juga dapat disebabkan karena kelainan anatomi pada mata dan atau karena faktor genetik.

Untuk penangannya sebaiknya dengan menggunakan kacamata yang sesuai dengan kondisi mata.

Kemudian hindari terlalu sering dan dekat mengoperasikan gadget dll, membaca di ruangan yang tidak redup dan harus terang.

WAVA TIMES – EDISI 16

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000