Open/Close Menu Wava Husada

Sahabat Wava, siapa yang pernah mengalami sakit lambung? Rasa nyeri yang terjadi di perut hingga menimbulkan perasaan mual hingga jantung berdegup kencang biasanya ditengarai sebagai penyakit maag. Namun, bisa saja loh ternyata yang kita alami bukan maag tetapi GERD. Serupa tapi tidak sama, yuk Sahabat Wava simak lebih artikel di bawah untuk mengetahui perbedaan maag dan Gerd.

Perbedaan Penyebab Maag dan GERD

Maag sendiri merupakan kumpulan  gejala tidak nyaman di perut bagian atas atau dada. Umumnya maag disebabkan karena terlambat makan. Akan tetapi maag juga bisa disebabkan karena stress, konsumsi alkohol, merokok, konsumsi minuman yang tinggi kafein, penyakit autoimun, infeksi bakteri maupun konsumsi obat-obatan tertentu.

GERD sendiri terjadi karena asam lambung naik menuju esofagus atau kerongkongan sehingga menyebabkan nyeri di ulu hati. Hal ini akan membuat kita merasakan sensasi terbakar di dada. Lebih jauh GERD disebabkan karena mengerutnya otot kerongkongan bagian bawah sehingga asam lambung lebih mudah naik, seharusnya asam lambung tidak mudah naik ke atas tapi karena melemahnya katup kerongkongan tersebut asam lambung mudah naik sehingga dapat mengiritasi dinding lambung.

Maag itu adalah radang pada lambung yang bisa disebabkan oleh asam lambung. Namun GERD itu berbeda, dia bisa mengenai lambung juga bisa terkena pada kerongkongan pasien. Jadi GERD itu adalah asam pada lambung yang kembali ke kerongkongan pasien. Hal ini bisa disebabkan karena asam yang terlalu tinggi, gangguan pengosongan lambung dan katup antara lambung dan kerongkongan terganggu”, jelas dr. Nurike Spesialis Penyakit Dalam RS Wava Husada.

 Gejala Maag dan GERD

Maag dan GERD memiliki gejala yang sekilas sama yakni nyeri perut. Namun, ada perbedaan signifikan diantara keduanya. Ketika menderita maag, Sahabat Wava akan merasakan perut kembung di bagian atas, perut terasa penuh, nyeri di ulu hati, mual dan muntah.

Ciri-ciri di atas tentu berbeda jika Sahabat Wava mengalami GERD. Sahabat Wava akan merasakan sensasi panas di kerongkongan, pahit di mulut, batuk berkepanjangan, terasa nyeri di dada hingga kesulitan ketika menelan.

Maag yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan GERD bahkan bisa berkembang dan memicu komplikasi yang lebih parah seperti sesak napas hingga kanker esofagus.

 Pengobatan Maag dan GERD

Pengobatan Maag dan GERD tidak jauh berbeda. Namun cara penanganan keduanya bergantung pada tingkat keparahan yang dialami penderita. Biasanya obat-obatan yang diresepkan oleh dokter berupa

  •       Antasida yang memiliki kandungan kalsium karbonat untuk menetralisir asam lambung
  •       Histamin untuk mengurangi produksi asam lambung
  •       Proton pump inhibitors untuk mengurangi sakit perut karena asam lambung
  •       Antibiotik untuk membunuh bakteri yang ada di lambung
  •       untuk pasien GERD akan mendapatkan baclofen untuk mengurangi nyeri pada kerongkongan karena naiknya asam lambung.

Jika Sahabat Wava menderita maag maupun GERD, maka langkah pencegahan yang bisa Sahabat Wava lakukan yakni menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan kebiasaan kebiasaan di bawah ini:

  •       Menjaga pola makan
  •       Menghindari berbaring setelah makan
  •       Menghindari makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam serta tinggi kafein
  •       Jauhi kebiasaan merokok dan minum alkohol
  •       Mengelola stres

Dokter spesialis penyakit dalam RS Wava Husada memberikan tips ampuh kepada Sahabat Wava yang mengalami maag atau GERD agar tidak kambuh seperti:

  1.       Makan sedikit namun sering
  2.       Menghindari makanan yang merangsang seperti kopi, teh maupun alkohol
  3.       Kurangi berat badan jika gemuk/obesitas
  4.       Konsultasikan ke dokter jika sakit maag dan GERD kambuh lagi dan mengganggu keseharian Sahabat Wava

 Ingat Sahabat Wava, kebiasaan hidup yang baik tentunya memiliki dampak yang naik juga untuk tubuh kita. Namun, jika maag dan GERD menyerang atau Sahabat Wava kebingungan dengan penyakit yang diderita langsung konsultasikan kepada dokter spesialis terpercaya. Rumah Sakit Wava Husada memiliki dokter spesialis penyakit dalam yang ahli dan terpercaya untuk menangani keluhan Sahabat Wava. Tangani dengan tepat sebelum terlambat, konsultasikan penyakit Sahabat Wava sekarang!

Spesialis Penyakit Dalam Jadwal Dokter
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Kontak kami        0341.393000

help on essay get essay help 23.Promo Code45 EssayPro Promo Code, Coupons, Discount Codes and Review pay someone to write personal statement CustomCollegeEssays.com Discount Fastassignmenthelp.co.uk Promo code 2023 PaperHelp Discount code EssayPro.com Discount Code 2023 5.1 Promo Codes Available 25% Promo Code on Essay Onlineclasshelp Discount Promo Codes Up to 40% UK Writings Coupon Code