Open/Close Menu Wava Husada

Sahabat Wava, siapa yang sering mengeuh sesak napas, batuk berkepanjangan bahkan hingga suara berbunyi? Wah Sahabat Wava harus waspada karena gejala tersebut menandakan ada penyakit paru-paru pada Sahabat Wava. Namun, Sahabat Wava jangan panik dulu dan menyimpulkan sendiri karena penyakit paru-paru memiliki tingkat keparahan yang tidak sama. Konsultasikan dengan tenaga profesional untuk lebih jelasnya. Namun, jika Sahabat Wava mengalami gejala seperti di bawah ini, Sahabat Wava harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau pusat kesehatan terpercaya.

Seperti yang kita ketahui paru-paru merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting bagi sistem pernapasan Sahabat Wava. Paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dari luar tubuh dengan karbon dioksida dari dalam darah. Bagiamana jika fungsinya terganggu atau ada penyakit paru-paru pada sistem pernapasan kita, pasti akan mengganggu kehidupan kita dan membuat tidak nyaman.

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit paru-paru seperti asap rokok, polusi udara dan bahan kimia. Pada umumnya penyakit paru-paru disebabkan karena kondisi udara lingkungan yang tidak sehat. Tapi, tidak menutup kemungkinan penyakit paru-paru juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau jamur.

Umumnya sesak napas, batuk berkepanjangan dan napas berbunyi merupakan pertanda pada tubuh yang perlu diwaspadai. Di bawah ini merupakan penyakit paru-paru yang peling sering dialami oleh orang Indonesia. Apa saja penyakitnya? Yuk, Simak artikel berikut ini supaya Sahabat Wava bisa lebih waspada.

  1. Asma
    Penyakit paru-paru satu ini merupakan salah satu penyakit yang sering ditemukan di Indonesia. Data dari Kemenkes pada 2020, sebanyak 12 juta lebih penduduk Indonesia mengalami asma. Penyakit ini bisa dialami oleh siap saja, jenis kelamin apa saja dan usia berapapun.
    Asma merupakan merupakan penyakit kronis yang mengganggu sistem pernapasan akibat peradangan dan penyempitan pada paru-paru sehingga menimbulkan rasa sesak di dada, mengi atau napas berbunyi, batuk dan kesulitan bernapas. Beberapa hal yang dapat memicu asma diantaranya asap rokok, udara dingin danpaparan allergen seperti bulu binatang, debu dan lainnya.
  2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
    Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) merupakan peradangan kronis pada paru-paru. Peradangan pada paru-paru akan membuat produksilendir meningkat sehingga pernapasan akan lebih sulit. Jenis PPOK yang paling umum dialami yakni bronkitis kronis dan emfisema.
    Pada kondisi bronkitis kronis, peradangan dan penyempitan terjadi pada dinding bronkus sehingga memungkinkan terjadinya pembentukan lender. Sedangkan emfisema, peradangan terjadi pada alveoli atau kantung kecil pada paru-paru sehingga mengganggu aliran udara yang akan keluar.
    PPOK biasanya disebabkan oleh paparan asap rokok dalam jangka waktu yang panjang, baik secara aktif maupun pasif. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko PPOK yakni paparan debu, asap bahan bakar dan uap bahan kimia. Gejala yang harus diwaspadai pada pasien berpotensi PPOK yakni sesak napas, batuk kronis (2 minggu), lendir yang sering muncul, mengi, sering tersengal-sengal bahkan saat menlakukan aktivitas ringan, lemas dan penurunan berat badan.
  3. Tuberkulosis (TB)
    Tuberkulosis atau yang lebih sering dikenal dengan TB atau TBC adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri tersebut tidak hanya menginfeksi paru-paru tapi bisa juga menyebar ke seluruh tubuh melalui darah atau sistim limfatik. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan sendi, infeksi tulang, sumsum tulang belakang, gangguan pada hati dan peradangan sekitar jantung.
    Tuberkulosis merupakan penyakit paru-paru yang menular melalui percikan dahak atau cairan dari saluran pernapasan lain ketika batuk atau bersin. Meskipun menular, gejalanya mungkin tidak terlihat hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian.
  4. Bronkitis
    Bronkitis merpakan penyakit paru-paru yang terjadi karena adanya peradangan pada dinding saluran bronkus. Bronkitis biasanya disebabkan oleh virus, namun tidak menutup kemungkinan bronkitis juga bisa disebabkan oleh polutan. Saluran napas yang terinfeksi akan meradang sehingga pengidapnya akan mengalami batuk kering ataupun berdahak. Bronkitis yang tidak kunjung sembuh akan menyebabkan bronkitis kronis. Saluran pernapasan yang sudah mengalami bronkitis kronis akan sulit untuk disembuhkan.
  5. Paru-paru Basah (Pneumonia)
    Paru-paru basah atau pneumonia merupakan salah satu jenis Infeksi Saluran Pernapasan Akuta atau ISPA. Pneumonia merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Mikroorganisme yang tumbuh di paru-paru membuat kantung udara atau alveoli meradang sehingga dipenuhi cairan atau nanah.
    Gejala Pneumonia meliputi batuk, sulit bernapas, detak jantung cepat, dada terasa nyeri, suhu tubuh tidak stabil dan demam berkepanjangan. Pada beberapa kasus, penderita bisa sembuh dalam beberapa minggu hanya dengan antibiotik dan antivirus.
  6. Kanker Paru-paru
    Kanker paru-paru merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel abnormal pada paru-paru dan berkembang menjadi tumor. Gejala dari kanker paru-paru biasanya baru muncul ketika sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Namun, gejala penyakit paru-paru yang bisa sahabat wava waspadai yakni sesak napas, berat badan turun drastis tanpa alasan, batuk darah, nyeri di bagian dada dan infeksi paru-paru berulang seperti pneumonia dan bronkitis.
  7. Emboli Paru
    Emboli paru merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan karena adanya gumpalan darah pada titik tertentu yang menyumbat salah satu arteri pada paru-paru sehingga paru tidak teraliri darah dengan baik. Penyumbatan ini mengakibatkan penurunan jumlah oksigen sehingga penderitanya akan mengalami sesak napas, nyeri dada, sakit kepala ringan hingga batuk berdarah.

Jika Sahabat Wava mengalami gejala kesulitan napas atau nyeri di dada bahkan batuk yang tidak sembuh-sembuh jangan ragu untuk berkonsultasi kepada Dokter terpercaya. Sahabat wava juga bisa menrapakan kebiasaan hidup sehat untuk mencegah penyakit paru-paru yang bisa saja menyerang Sahabat Wava.

Spesialis Paru Jadwal Dokter
  1. December 29, 2023

    Saya bahkan tidak mengerti bagaimana saya bisa sampai di sini, tetapi saya pikir postingan ini bagus

  2. April 6, 2024

    Informasi yang bagus terima kasih telah berbagi…

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Kontak kami        0341.393000

BoomEssays.com promo code EssayCapital Discount Promo Codes Up to 40%