Puskesmas Sumbermanjing Kulon rutin adakan senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Berbeda dengan hari sebelumnya, kali tersebut ada sekitar 100 orang memadati gedung olahraga Puskesmas. Oleh Dyah Selvia Mariana selaku koordinator acara menyampaikan, kegiatan biasanya hanya terdiri sekitar 60-70 orang. ”Ini karena juga ada pemeriksaan gratis warga berbondong-bondong datang” tuturnya.

Lanjut Dyah, Prolanis sebagai salah satu program BPJS Kesehatan memastikan masyarakat dapat mengontrol penyakitnya. Ia memberi contoh penyakit Hipertensi dan Diabetes. Keduanya merupakan penyakit yang tidak mudah disembuhkan namun bisa dikendalikan. Itulah mengapa Puskesmas Sumbermanjing Kulon bergerak bersama RS Wava Husada mengajak masyarakat agar hidup sehat.

Kegiatan dimulai dengan senam bersama kemudian pemeriksaan kesehatan oleh tim medis RS Wava Husada. Didalamnya meliputi cek gula darah, cek tensi sampai konsultasi gizi. ”Disini peserta dapat memantau dirinya sendiri, tahu mengenai kesehatan mereka dan selalu ingat untuk menjaga kesehartan,” tuturnya.

Selain itu, ketua Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Wava Husada Zattu Kartika menjelaskan, pihaknya turut memberikan edukasi kepada peserta. Penyuluhan yang diberikan berupa materi CA Serviks dan juga keseimbangan gizi. Hal ini untuk memberikan pemahaman dan kewaspadaan peserta.
Lanjut Zattu, antusiasme warga yang besar sempat membuat pihaknya kewalahan dalam melayani.

Kendati demikian, berkat kerja sama tim yang baik, semua pihak turut membantu. ”Bahkan driver kami pun turun tangan di bagian pendaftaran. Rasanya senang sekali melihat semangat warga untuk sehat,” selorohnya.

Categoryagenda

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000