Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Wava Husada kembali adakan skrining kesehatan. Kali tersebut tim menyasar kalangan lansia dan ibu hamil di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Peserta yang hadir berkisar 120 orang.

Adapun materi edukasi yang disampaikan langsung oleh dr. Ika Nisfaul C. ialah tentang Hipertensi. Menurutnya, Hipertensi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan terjadinya komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, gangguan serebral (otak), retinopati (kerusakan retina), penyakit pembuluh darah tepi, serta gangguan saraf.

Lanjutnya, banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut, diantaranya adalah dengan mengurangi garam dan kafein serta tidak memakai garam tambahan, berhenti minum alkohol, beraktivitas dan olahraga yang teratur, latihan relaksasi, menurunkan berat badan (bila kegemukan), memperbanyak sayur dan buah, tidak merokok, menghindari stres, serta mengontrol tekanan darah secara rutin.

Selain itu, dijelaskan oleh tim unit gizi RS Wava Husada Rika Wahyu D., untuk menjaga kesehatan tubuh ialah dengan memperhatikan pola makan. Sama hal nya dengan berinvestasi, jika yang diinvestasikan baik maka hasilnya juga akan baik, begitupun sebaliknya. ”Investasi ini tidak akan terasa langsung, melainkan baru terasa di kemudian hari,” tuturnya.

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000