Open/Close Menu Wava Husada

Alat indera manusia sangat penting untuk menjalani hidup sehari-hari. Tidak hanya melakukan aktivitas fisik, tapi alat indera juga diperlukan untuk bersosialisasi. Seringkali kita kurang memperhatikan fungsi indera pendengaran. Indera pendengaran berfungsi untuk menangkap suara yang akan diteruskan ke otak. Bayangkan jika alat indera kita menurun fungsinya, tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Kita tidak akan mendengar suara dengan jelas.

Untuk itu jika Sahabat Wava merasa ada penurunan fungsi pendengaran, Sahabat Wava bisa segera melakukan pemeriksaan pendengaran. Dokter akan menyarankan tes pendengaran yang paling tepat untuk Sahabat Wava. Setelah melalui tes pendengaran, dokter dapat mengetahui masalah pendengaran yang kita alami. Salah satu yang mungkin direkomendasikan dokter adalah menggunakan alat bantu dengar. Apasih alat bantu dengar dan bagaimana alat bantu dengar dapat mengubah hidup kita, yuk simak penjelasannya melalui artikel di bawah ini ya!

Apa itu alat bantu dengar ?

Alat bantu dengar yaitu perangkat elektronik yang digunakan di dalam atau di belakang telinga untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran supaya dapat mendengar dengan lebih baik dan mempermudah proses komunikasi. Alat bantu dengar tidak dapat mengembalikan pendengaran menjadi normal, namun dapat membantu menerima suara dengan lebih baik sehingga seseorang dapat mendengar dengan lebih jelas.

Pada umumnya, alat bantu dengar terdiri dari tiga komponen utama, yakni microphone, amplifier dan speaker. Cara kerja alat ini cukup sederhana, gelombang suara akan masuk melalui microphone, kemudian diubah menjadi sinyal elektrik dan akan dikirimkan menuju amplifier. Amplifier bertugas untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan mengirim ke telinga melalui speaker. Alat pendengaran dapat menyesuaikan volume suara dengan kebutuhan kadar suara yang hilang oleh setiap penggunanya.

Apa manfaat menggunakan alat bantu dengar ?

Ada beberapa manfaat ketika menggunakan alat bantu dengar yakni:

  1. Mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mendengar
  2. Dapat mencegah pikun atau demensia
  3. Meningkatkan keseimbangan dalam tubuh
  4. Meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri
  5. Terhindar dari rasa terisolasi
  6. Meningkatkan kualitas hidup

Apa saja jenis alat bantu dengar ?

Dokter akan merekomendasikan jenis alat bantu dengar sesuai dengan usia dan tingkat gangguan pendengaran yang diderita. Ada beberapa jenis alat bantu dengar yakni:

  • Alat di belakang telinga (Behind the Ear/BTE)
    BTE digunakan dengan cara dikaitkan di bagian atas cuping telinga dan bagian belakang telinga. Pada BTE terdapat tabung kecil yang berfungsi sebagai penghubung penerima suara di dalam liang telinga atau sering disebut earmod. Alat ini cocok digunakan untuk semua umur. Kelebihan alat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, bentuknya relatif lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sayangnya alat ini bisa menangkap suara angin lebih banyak sehingga lebih bising dari yang lainnya.
  • Alat di dalam telinga (In the Ear/ITE)
    Ada dua jenis ITE, dipasang di seluruh cuping telinga luar atau sebagian saja. Alat pendengaran jenis ini tidak cocok digunakan untuk anak-anak karena sedang dalam masa pertumbuhan sehingga ukuran cupingnya mudah berubah. Jenis alat ini sesuai digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga berat. ITE cenderung lebih mudah digunakan, baterainya lebih besar sehingga lebih tahan lama dan memiliki fitur kontrol volume suara. Kelemahannya sendiri yakni speaker rentan tersumbat dan bentuk alat yang cukup besar.
  • Alat di dalam liang telinga (In the Canal/ITC)
    ITC digunakan untuk penderita gangguan telinga ringan hingga sedang pada orang dewasa. Biasanya ITC dibuat berdasarkan pesanan. Bentuknya memenuhi sebagian liang telinga sehingga bentuknya tidak mencolok. Namun, speaker jenis TIC ini rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga.
  • Speaker/Receiver di dalam telinga atau liang telinnga (Receiver in Canal/RIC dan Receiver in the Ear/RITE)
    Alat ini tidak jauh berbeda dengan BTE. Perbedaannya yakni BTE menggunakan tabung kecil sedangkan pada alat pendengaran jenis ini menggunakan kabel kecil.
  • Alat sepenuhnya di dalam liang telinga (Completely in the Canal/CIC)
    CIC digunakan untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga menengah pada orang dewasa. CIC dibentuk agar dapat dimasukkan ke liang telinga. Kelebihan CIC yakni, tidak terlalu menangkap suara angin dan bentuk paling kecil diantara jenis lainnya. Sedangkan kelemahan CIC yakni, rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga, tidak dilengkapi fitur tambahan dan daya tahan yang lebih singkat dan lebih sulit untuk dipegang.

Bagaimana cara memilih alat bantu dengar ?

Meskipun alat bantu dengar memiliki fungsi yang sama tapi Sahabat Wava tetap perlu memilih alat bantu dengar sesuai kebutuhan agar nyaman digunakan. Berikut ini panduan yang bisa Sahabat Wava gunakan untuk membeli alat bantu dengar:

  • Mengetahui jenis gangguan pendengaran
    Langkah pertama yang harus Sahabat Wava lakukan adalah konsultasi dengan dokter THT untuk mengetahui jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang diderita. Biasanya alat pendengaran digunakan untuk orang dengan gangguan pendengaran sensorineural karena kerusakan saraf dalam telinga. Bila menderita gangguan pendengaran konduktif maka dokter akan menyarankan tindakan operasi atau mengkonsumsi obat-obatan.
  • Menentukan ukuran dan bentuk alat bantu dengar
    Pastikan alat bantu dengar sesuai dengan ukuran telinga. Pilih alat bantu dengar yang nyaman digunakan sesuai jenisnya agar tidak mudah copot ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Memperhatikan fitur tambahan
    Selain membantu pendengaran, alat bantu pendengaran juga memiliki berbagai fitur tambahan seperti peredam suara bising, kemudahan isi ulang daya dan koneksi ke berbagai perangkat lain.
  • Menyesuaikan dana
    Semakin baik fitur tambahan yang ditawarkan tentunya harga yang ditawarkan juga semakin mahal. Selain itu, kualitas serta daya tahan baterai juga menentukan biaya alat pendengaran tersebut.  Untuk itu Sahabat Wava juga harus mempertimbangkan ketersediaan dana dengan alat bantu dengar yang dibutuhkan.

Untuk menentukan kebutuhan alat bantu dengar Sahabat Wava bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis THT Rumah Sakit Wava Husada. Jangan remehkan gangguan pendengaran yang Sahabat Wava derita. Periksa sekarang sebelum terlambat. Untuk konsultasi lebih jelas Sahabat Wava bisa menghubungi nomor WhatsApp resmi Rumah Sakit Wava Husada +62856-0890-2900.

Spesialis THT Jadwal Dokter
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Kontak kami        0341.393000

help me with my math homework Buy Your Promo Code On EssaysService.com Paperial.com Coupon AssignmentUK.co.uk promo code EssayWriterUSA.com discounts free essay writing online CustomEssayWriter.co.uk discount code Masterra.com Coupons 2023 Essayempire.com Coupon Code EssayEdge Discount Promo Codes Up to 40% samedayessay promo code MasterPapers Coupon Code AssignmentGeek Coupon Code PapersOwl Promo Code, Coupons, Discount Codes and Review Online Trust Assignment Help Coupon Code