dr. DONNY WISNU W., Sp.BS (Spesialis Bedah Saraf)

Sebagai dokter Spesialis Bedah Syaraf di Rumah Sakit Wava Husada, dr. Donny Wisnu Wardhana, Sp.BS. menjelaskan penyakit tumor otak yang banyak dialami pasien.

Berikut penjabarannya:
Tumor otak merupakan daging/jaringan tidak normal yang berasal dari organ otak ataupun diluar otak yang tumbuh di dalam rongga kepala. Tumor ini mempunyai sifat tumbuh terus menerus dan akhirnya akan menekan dan mengganggu fungsi otak sesuai lokasinya.

Adapun Jenisnya terdiri dari tumor jinak dan tumor ganas. Satu sifat tumor jinak adalah pertumbuhannya lambat tapi pasti. Prognosanya pada umumnya baik jika bisa diambil total bisa diambil total. Sedangkan tumor ganas mengalami pertumbuhan cepat dan merusak fungsi otak serta prognosanya buruk. Tumor ganas ini sering diistilahkan oleh beberapa orang awam sebagai kanker.
Nyeri Kepala Berkepanjangan Awal Mula Tumor Otak.

Tumor dapat menyerang siapapun, mulai umur anak-anak, dewasa muda sampai orang tua, baik pria maupun wanita. Tetapi penyebab tumor otak masih belum diketahui secara pasti sampai saat ini. Beberapa teori mengatakan multifaktor, yaitu faktor dari diri pasien itu sendiri dan bisa dari faktor luar seperti lingkungan, makanan, pengawet, polusi sinar UV dan beragam lainnya.

Keluhan awalnya bisa hanya nyeri kepala ringan yang mudah hilang dengan obat-obatan penghilang nyeri. Jika penyebabnya adalah tumor otak, maka nyeri kepala berlangsung lama, makin memberat, obat-obatan tidak mampu menghilangkan keluhan, diikuti keluhan lainnya seperti muntah nyemprot, pendengaran terganggu, pandangan kabur, daya ingat terganggu, kelemahan badan, kejang-kejang dan lainnya.

RS Wava Husada Sediakan Teknik Minimally invasive Tangani Pasien Tumor Otak.

Hal yang bisa dilakukan pada penyakit tumor otak adalah melakukan deteksi dini dengan memeriksakan diri anda maupun keluarga ke dokter yang berkompeten jika ada keluhan nyeri kepala yang berkepanjangan Terlebih jika ada gejala-gejala penyerta lain seperti gangguan pandangan, pendengaran, daya ingat, kelemahan anggota badan dan lain-lain.

Pemeriksaan penunjang yang direkomendasikan untuk tangani tumor otak adalah MRI Kepala atau minimal CT-Scan dengan menggunakan zat pewarna (kontras). Saat ini Rumah Sakit Wava Husada telah dilengkapi fasilitas operasi yang canggih untuk mendukung tindakan pembedahan otak sesuai standar terbaik (microsurgery and endoscopic) menggunakan teknik minimally invasive (irisan luka seminimal mungkin).

WAVA TIMES – EDISI 18

Categorywavatimes

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000