dr. SIGIT WAHYU, Sp.BP-RE (Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi & Estetika)

Apa yang terbesit di dalam benak Anda tentang bedah plastik? ya, beberapa diantaranya mungkin menganggapnya sebagai operasi plastik, operasi kecantikan maupun mengubah bentuk. Nyatanya tidak demikian. Ruang lingkup bedah plastik lebih luas dari ketiga contoh di atas. Berikut pemaparan dokter spesialis bedah plastik RS Wava Husada, dr. Sigit Wahyu, Sp.BP-RE.

Mengenal Bedah Plastik
Bedah plastik terdiri dari kata plastikos yang bermakna membentuk (moulding), mengatur agar sesuatu bisa menjadi lebih baik, dan menutup defek (cacat). Kata plastik bukan berarti menggunakan sarana plastik. Disiplin ilmu dr. Sigit merupakan spesialis khusus yang boleh melakukan operasi atas indikasi psikososial.

”Harapannya secara morfologi (yang nampak) menjadi lebih bagus dan secara psikis pasien lebih tenang”, tuturnya.

Bedah plastik terdiri atas rekonstruksi dan estetika. keduanya memiliki penamaan dan fungsi yang berbeda. Operasi rekonstruksi membuat sesuatu yang kurang normal menjadi normal. Bisa jadi karena defek-defek, sesuatu yg hilang karena kecacatan, luka yg tak kunjung sembuh, kelainan bawaan lahir, maupun kerusakan yang terjadi oleh penyakit sampai dengan keganasan. Salah satu contoh kasus melalui operasi rekonstruksi adalah bibir sumbing. Keadaan bibir yang tidak sama pada umumnya dapat membuat beberapa fungsi terganggu.

Disisi lain ada juga operasi estetik. Menurut dr. Sigit, operasi tersebut dapat mengubah sesuatu yang sudah normal agar dibuat lebih normal. Menurutnya syarat operasi estetik harus lebih baik. Itulah mengapa perlu komitmen yang jelas sejak awal penanganan.

Penanganan Bedah Plastik Berlaku di Seluruh Tubuh
Belakangan telah berkembang peminatan-peminatan khusus di bidang bedah rekonstruksi mulai dari bedah rekonstruksi luka bakar (burn surgery), rekonstruksi kecacatan kepala dan rahang (craniofacial surgery), rekonstruksi kelamin luar (genital surgery), serta ilmu bedah rekonstruksi mikroskopik (microsurgery). Kesemuanya dapat ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik.

Selama ini, orang awam menganggap bedah plastik hanya berkisar di area wajah. Nyatanya, bedah plastik mampu melakukan prosedur bedah plastik di seluruh tubuh. Hal itu berdasarkan indikasi yang hendak diperbaiki. Di Indonesia banyak membutuhkan dokter bedah plastik karena banyak kasus yang perlu ditangani.

WAVA TIMES – EDISI 21

Categorywavatimes

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000