Edukasi Demam Berdarah Dengue dan skrining kesehatan gratis berlangsung di Balai Desa Pohgajih Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar. Materi edukasi yang disampaikan ialah tentang penyakit demam berdarah. Menurut Jana Anjasamara selaku Ketua Sub Komite Mutu Rumah Sakit Wava Husada, penyakit ini dibawa oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypi & Aedes Albocpictus. DBD biasanya menyerang pembuluh darah yang menyebabkan indikator trombosit turun drastis.

Tidak sedikit kasus meninggalnya seseorang akibat shock pembuluh darah. Untuk mencegahnya, Jana mengajak warga Desa Pohgajih untuk selalu waspada dengan meminimalisir perkembangan telur nyamuk. Salah satu caranya adalah dengan gerakan 3M, yaitu mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air, dan menguras tempat penampungan air. Biasanya populasi nyamuk bertambah banyak karena adanya genangan air di sekitar.

Selain itu, Ia juga mengajak masyarakat yang terkena DBD agar banyak konsumsi air putih, makan makanan tinggi protein, konsumsi makanan tinggi vitamin c, serta meminimalisir mobilitas (beristirahat) untuk mempercepat penyembuhan. Kegiatan diakhiri dengan praktik pembuatan ovitrap (jebakan nyamuk) untuk mengurangi berkembangnya telur nyamuk.

Categoryagenda

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000