Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RS Wava Husada berkesempatan sharing ilmu di Puskesmas Sumberpucung. Kegiatan yang dipelopori oleh tim Promosi Kesehatan RS Wava Husada dibuka dengan survei area puskesmas. Adapun tim PPI RS Wava Husada diwakili oleh Prita Yekti dan Wiwik Suryaningsih.

Kegiatan ini untuk memberikan pengarahan seputar standar yang perlu dijalankan oleh layanan kesehatan. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja puskesmas Sumberpucung dalam pencegahan serta pengendalian infeksi. Sebagaimana diketahui, puskesmas adalah layanan kesehatan dan menjadi tempat pasien sakit bertandang. ”Jangan sampai pasien waktu berkunjung ke puskesmas mengeluhkan sakit batuk, tiba-tiba pulangnya malah tetap batuk ditambah mencret,” tutur Prita.

Lanjutnya, kejadian seperti di atas bisa saja terjadi jika layanan kesehatan mengabaikan standar-standar yang sudah diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Namun tidak sedikit pemateri memberikan cara atau startegi untuk mengatasi keterbatasan yang ada untuk tetap memaksimalkan pelayanan. Disinilah pentingnya sharing PPI.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Peserta pun dibebaskan untuk mengajukan pertanyaan tentang kondisi real di layanan. ”Kendati materi cukup banyak dan mendetail, peserta menunjukkan antusiasme dengan pertanyaan yang juga beragam,” pungkas Wiwik.

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000