Tanya : Dokter, ketika orang sakit tumor otak di CT Scan ulang kemudian ada cairannya di bekas tumor otaknya, apakah berbahaya dokter?

Jawab : Harus tahu terlebih dahulu cairan apa yang di maksud. Jika maksudnya adalah cairan otak (CSF) yang mengisi rongga kepala yang tadinya diisi oleh tumor untuk sementara waktu, itu normal saja. Tetapi tetap harus dievaluasi secara berkala dan harus dikonsultasikan ke dokter langsung untuk mengurangi tingkat kesalahan. (dr. DONNY WISNU W. Sp.BS)

Tanya : Salam sejahtera dokter. Saya mau bertanya, jika semisal ada tumor selaput otak di bagian kepala sebelah kanan, apa boleh tidur dengan menindih kepala sebelah kanannya dokter?

Jawab : Apa ini sudah operasi atau belum? Intinya jika masih ada tempurung kepalanya boleh-boleh saja. Selama ada tempurungnya, baik yang sebenarnya maupun tulang buatan aman untuk kepala. (dr. DONNY WISNU W. Sp.BS)

Tanya : Dokter, mengapa saya sering sekali mengalami mata ‘bintitan’?

Jawab : Bisa dipastikan ada faktor elergi. Biasanya sumbernya dari protein seperti telur atau hewan berkaki dua seperti bebek, ayam, dan lainnya. Jika tidak ada faktor elergi, bintitan yang terus berulang bisa menjadi suatu tanda-tanda keganasan. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

Tanya : Apakah pertolongan pertama ketika mata saya terkena sabun dokter?

Jawab : Mata segera dicuci menggunakan air bersih mengalir untuk mengeluarkan sabun. Jika dirasa mata merah dan perih dalam jangka waktu lama segera dibawa ke dokter spesialis mata. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

Tanya : Seseorang yang tidur sedangkan matanya setengah terbuka apakah berbahaya?

Jawab : Tidur setengah terbuka tidak berbahaya selama yang terlihat hanya bagian putih. Akan berbeda cerita jika warna hitam di mata terlihat (tidak naik ke atas). (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7