• Apa itu Kanker Serviks?


    Tanya : Dok, apa saja tanda dan gejala Kanker Serviks dan bagaimana cara untuk mencegahnya? Apakah ada usia tertentu yang rentan terkena penyakit tersebut?

    Jawab : Kanker Serviks ditandai dengan keputihan yang tidak wajar (berbau, gatal), ada pendarahan. Jika suami istri berhubungan dan setelahnya ada pendarahan maka harus di waspadai, begitu juga dengan wanita yang sudah lama mengalami menopause kemudia mengalami pendarahan kembali. Kanker mulut rahim bisa mengenai usia muda tetapi setidaknya sudah melakukan hubungan seksual. Awalnya karena infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). HPV terdiri dari beragam tipe dan yang rawan mengidap pada wanita yaitu tipe 16 dan 18 (penyebab kanker mulut rahim). (dr. RETNO HARGANTI, Sp.OG)

  • Apakah Kanker Serviks Menular?

    Tanya : Apakah Kanker Serviks menular melalui hubungan seksual dokter? Siapa saja yang berisiko terkena penyakit tersebut?

    Jawab : Kankernya tidak namun virusnya iya. Kanker Serviks akarnya/sebabnya adalah virus HPV. Virus HPV dapat menyebar melalui hubungan seksual. Resiko tinggi dapat dialami pasien yang melakukan pernikahan usia muda, bergonta-ganti pasangan maupun pasangan hidupnya bergonta-ganti pasangan. (dr. RETNO HARGANTI, Sp.OG)

  • Apa itu Usus Buntu?

    Tanya : Faktor penyebab usus buntu itu apa? Jika usus buntu nya diambil apa mengganggu fungsi pada tubuh kita?

    Jawab : Bisa karena sumbatan oleh sebab feses. Kedua kelenjar yang membesar karena infeksi oleh bakteri atau virus. Penyebab ketiga adalah tumor. Ketika masih bayi usus buntu memiliki manfaat karena saat itu pertumbuhan bayi belum sempurna. Menjelang dewasa usus buntu tidak diperlukan lagi karena pertumbuhan telah sempurna. Jika terjadi usus buntu lebih baik dilakukan pembuangan. Mengingat jauh lebih berbahaya akibat infeksi usus buntu dibandingkan guna atau manfaat keberadaannya. (dr. HAIMAN MADJEDI, Sp.B)

  • Apakah makan pedas dapat menyebabkan Usus Buntu?

    Tanya : Apa benar sering makan pedas (cabe beserta bijinya) dan makan jambu sama bijinya bisa menyebabkan usus buntu?

    Jawab : Tidak pasti namun bisa. Semua yang kita makan dan tidak dicerna sempurna akan menyebabkan adanya massa yang pasti dibuang. Jika massa tersebut mengeras di dalam usus dan masuk ke dalam usus buntu bisa menjadi penyebab. (dr. HAIMAN MADJEDI, Sp.B)

  • Apa itu Maag dan Asam Lambung?

    Tanya : Dok, saya punya maag dan asam lambung, kadang jika telat makan perut saya perih dan begitu makan langsung begah, nyeri perut, dan mual. Apakah makanan yang saya konsumsi bisa mempengaruhi dok?

    Jawab : Lebih baik jika sudah mengetahui punya maag dan asam lambung yang mudah naik jangan sampai telat makan. Konsumsi makanan yang tidak memicu timbulnya maag dan asam lambung naik seperti makanan pedas, berminyak dan lemak tinggi, asam dan mint. (dr. NURIKE SETIYARI M., Sp.PD)

  • Bagaimana cara mencegah agar Asam Lambung tidak naik?

    Tanya : Bagaimana cara mencegah agar asam lambung tidak naik?

    Jawab : Jika sudah mengetahui bahwa mempunyai penyakit asam lambung maka sebaiknya menghindari makanan yang memicu naiknya asam lambung, makan sedikit tetapi dalam kurun waktu yang sering, tidak terburu-buru, kunyah hingga lembut, jika tidak berhasil maka obat-obatan sesuai dengan resep dokter sangat disarankan untuk meredakan nyeri yang kerap kambuh-kambuh. (dr. NURIKE SETIYARI M., Sp.PD))

  • Apa itu Tekanan Darah?

    Tanya : ‘’Saya memiliki saudara yang mengalami tekanan darah di atas normal. Bagaimana cara mencegah hipertensi Dokter?’’

    Jawab : Kurangi garam dan kafein serta tidak memakai garam tambahan. Tidak minum alkohol. Aktivitas & olahraga teratur, latihan relaksasi, turunkan berat badan (bila kegemukan). Tidak lupa perbanyak konsumsi sayur dan buah. Tidak merokok dan hindari stres. Pun kontrol tekanan darah secara rutin. (Dr. dr. NURSAMSU, Sp.PD-KGH, Finasim)

  • Apa itu Keloid?

    Tanya : Dokter, apa penyebab keloid? Apakah keloid dapat disembuhkan? Mohon pencerahannya dokter.

    Jawab : Keloid tumbuh oleh karena produksi kolagen yang berlebih selama fase penyembuhan luka atau fungsi dari MMP (matrix metaloproteinase) yang kurang untuk mereduksi jumlah kolagen.
    Rasa gatal atau nyeri memang disebabkan oleh sentuhan/ ransangan saraf karena proses pendesakan akibat tumbuhnya kolagen.
    Keloid cenderung dipengaruhi oleh faktor bawaan. Untuk sembuh total memang sulit namun saat ini bisa diupayakan dengan beberapa teknik kombinasi terapi. Diantaranya eksisi yang optimal, injeksi steroid, laser bahkan radioterapi. Teknik pembedahan yang baik akan mengurangi risiko timbulnya keloid. (dr. SIGIT WAHYU, Sp.BP-RE)

  • Apa itu Kringet Buntet dan Biduran?

    Tanya : Apakah “kringet buntet” pada anak itu termasuk biduran?

    Jawab : Keringat buntet berbeda dengan biduran. Karena keringat buntet adalah adanya sumbatan pada kelenjar keringat. Untuk pertolongan pertama mengatasi biduran adalah gunakan bedak yang mengandung salisyl. (dr. EVAWANI RAHADINI, Sp.KK)

  • Apa penyebab dari Biduran?

    Tanya : Fakta atau mitos dok, kalau sedang biduran tidak boleh mandi dan tidak boleh kena angin (pakai pakaian tertutup) karena bisa jadi bidurannya semakin menyebar?

    Jawab : Faktor penyebab biduran beragam, salah satunya adalah suhu. Kita cari tahu apa penyebab bidurannya apabila karena suhu panas berendam dengan air biasa sangat dianjurkan. Apabila karena suhu dingin maka lebih baik lindungi tubuh dengan jaket yang tebal dengan bahan yang menyerap keringat. (dr. EVAWANI RAHADINI, Sp.KK)

  • Apa penyebab munculnya Biduran?

    Tanya : Sepengetahuan saya biduran dikarenakan alergi cuaca dingin/makanan, ini kok datangnya tidak diduga. Bisa dikarenakan apa ya dok?

    Jawab : Kekebalan tubuh yang lemah, bisa mempermudah biduran kembali kambuh baik ketika ada perubahan suhu ataupun karena makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, jika tiba-tiba timbul biduran segera cari tahu penyebabnya dan periksakan ke Dokter Spesialis Kulit terdekat. (dr. EVAWANI RAHADINI, Sp.KK)

  • Apa ciri-ciri Mata Merah dengan penurunan penglihatan?

    Tanya : Ciri-ciri mata merah dengan penurunan penglihatan itu seperti apa?

    Jawab : Ciri utama sudah pasti mata memerah disertai dengan penurunan penglihatan yang menurun mendadak, tidak mungkin bertahap. Berbahaya jika tidak ditangani secara tepat dapat menyebabkan kebutaan secara permanen. Jika mata merah dengan penurunan penglihatan harap jangan diterapi sendiri namun segera dibawa ke dokter. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

  • Bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi Mata Merah?

    Tanya : Bagaimana pertolongan pertama mengatasi mata merah?

    Jawab : Jika mata sudah memerah disertai dengan nyeri perih bahkan penurunan penglihatan sebaiknya langsung mencari bantuan medis dalam hitungan jam sebelum terlambat. Tidak boleh dikucek dan direndam dengan air suruh karena semua yang masuk ke dalam mata harus steril. Boleh dicuci dengan air mengalir apabila darurat. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

  • Apa faktor munculnya Bintitan?

    Tanya : Dokter, mengapa saya sering sekali mengalami mata ‘bintitan’?

    Jawab : Bisa dipastikan ada faktor elergi. Biasanya sumbernya dari protein seperti telur atau hewan berkaki dua seperti bebek, ayam, dan lainnya. Jika tidak ada faktor elergi, bintitan yang terus berulang bisa menjadi suatu tanda-tanda keganasan. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

  • Bagaimana pertolongan pertama untuk Mata yang terkena sabun?

    Tanya : Apakah pertolongan pertama ketika mata saya terkena sabun dokter?

    Jawab : Mata segera dicuci menggunakan air bersih mengalir untuk mengeluarkan sabun. Jika dirasa mata merah dan perih dalam jangka waktu lama segera dibawa ke dokter spesialis mata. (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

  • Apakah berbahaya tidur dengan Mata setengah terbuka?

    Tanya : Seseorang yang tidur sedangkan matanya setengah terbuka apakah berbahaya?

    Jawab : Tidur setengah terbuka tidak berbahaya selama yang terlihat hanya bagian putih. Akan berbeda cerita jika warna hitam di mata terlihat (tidak naik ke atas). (dr. YULIONO TRIKA N.H., Sp.M)

  • Apa dampak Penggunaan Gadget?

    Tanya : Dokter, apa saja dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget. Apakah paparan sinarnya akan menggangu mata kita?

    Jawab : Ketika seseorang memakai gadget dengan jarak dekat, otot-otot di mata lama-lama akan berkontraksi. Saat lama bekontraksi, mata akan lama pula untuk relaksasi. Kondisi demikian jika berlangsung secara terus menerus akan menimbulkan penyakit Pseudomyopia atau rabu jauh tapi yang palsu.
    Selanjutnya bisa menyebabkan computer vision syndrome dengan gejala utamanya mata mudah lelah, sering merasa pedas, pusing, dan lainnya.
    Selain itu, gadget biasanya memancarkan sinar biru (blue light). Ketika sinar biru dampaknya terlalu banyak, akan menghambat hormon melatonin, yang diperlukaan saat tidur. Sifat Hormon Melatonin adalah stress release dan meningkat saat malam hari. Kebiasaan bermain gadget malam hari bisa menurunkan hormon tersebut. Jika hormon Melatonin rendah maka kualitas tidur pun akan terganggu. (dr. CATUR KURNIA W., Sp.M)

  • Apakah berbahaya menggunakan Soft Lens untuk jangka waktu yang lama?

    Tanya : Profesi saya menuntut untuk selalu memakai soft lens. Apakah ada efek jangka panjang bagi kesehatan mata saya Dokter?

    Jawab : Pemakaian softlens atau lensa kontak lunak sebaiknya tidak lebih dari 10-12 jam dalam sehari. Karena jika dipakai terlalu lama menghambat oksigenasi pada permukaan bola mata dan menjadi pemicu terjadinya infeksi. Kebersihan atau higienitas juga perlu dijaga baik sebelum, selama dan setelah pemakaian. Efek jangka panjangnya akan timbul jika terjadi infeksi yang mengenai kornea mata yang ditakutkan akan memberat jika tidak ditangani dengan tepat. (dr. CATUR KURNIA W., Sp.M)

  • Apakah dibolehkan untuk sering menggunakan Obat Tetes Mata?


    Tanya : Setiap melakukan aktifitas di luar ruangan, saya biasanya membersihkan mata dengan tetes mata (khusus membersihkan) yang banyak terjual di apotik. Apa itu diperbolehkan dok?

    Jawab : Pemakaian obat mata yang tidak sesuai indikasi dapat membahayakan. Cairan pembersih mata mungkin aman digunakan bila mata kita dalam kondisi sehat dan tidak didapatkan lesi sekecil apapun. (dr. CATUR KURNIA W., Sp.M)

  • Bagaimana untuk menghindari Kebutaan dari penyakit Glaukoma?

    Tanya : Saya memiliki saudara yang terkena Glaukoma. Ia dinyatakan buta karena sarafnya putus. Bagaimana cara mengurangi risiko agar tidak terkena penyakit tersebut dokter?

    Jawab : Glaukoma adalah penyakit yang terjadi kerusakan syaraf mata dan mengakibatkan hilangnya penglihatan secara pelan-pelan dan permanen (tidak bisa sembuh), dimana meningkatnya tekanan bola mata menjadi foktor resiko. Nilai normal tekanan bola mata adalah 10-20mmHg.
    Ada 2 mekanisme terjadinya peningkatan tekanan bola mata yaitu menutupnya sudut bilik mata depan secara tiba-tiba. Gejala yang muncul adalah mata merah, bengkak, nyeri sekali sehingga sampai mual muntah dan penglihatan menjadi kabur mendadak. Glaukoma ini disebut sebagai Gkaukoma sudut tertutup.
    Mekanisme kedua adalah akibat gagal fungsi organ trabekular meshwork sehingga tekanan bola mata meningkat secara pelan-pelan. Pada fase awal tidak memberikan gejala apa-apa tetapi lama-lama lapang pandang menjadi menyempit secara perlahan dan akhirnya menjadi buta total. Glaukoma disebut sebagai gkaukoma sudut terbuka dan mendapat julukan si ‘pencuri penglihatan’. Pemeriksaan secara rutin untuk mngecek tekanan bola mata adalah sangat penting terutama bagi orang yang memiliki riwayat keluarga yang sudah terkena Glaukoma. (dr. AHMAD THOHIR, Sp.M)

  • Bagaimana pertolongan pertama ketika ada Hewan yang masuk ke Telinga?

    Tanya : Bagaimana penanganan mandiri jika ada hewan masuk ke dalam telinga kita? Apa yang harus dilakukan dokter?

    Jawab : 1) Tenang, jangan panik dan jangan memaksa untuk mengeluarkan serangga yang masih hidup.
    2) Upayakan untuk mematikan serangga yang terlanjur masuk dengan meneteskan minyak seperti baby oil, atau minyak goreng yg bersih (belum dipakai). Jangan memasukkan minyak yang sifatnya iritatif seperti minyak tawon, minyak kayu putih, dll.
    3) Setelah terasa serangga sudah mati dan tidak bergerak, bawalah penderita ke Faskes terdekat agar serangga dikeluarkan oleh tenaga kesehatan. (dr. STEFANI JAYATI, Sp.THT-KL)

  • Kenapa Suara menjadi tidak keluar bahkan cenderung habis ketika sering mengeluarkan suara?

    Tanya : Kegiatan yang menuntut mengeluarkan banyak suara, seperti bernyanyi, seringkali menyebabkan suara tidak keluar bahkan cenderung habis. Apa penyebabnya dokter? Mengapa bisa demikian?

    Jawab : Suara tidak keluar bahkan habis saat bernyanyi itu disebabkan karena penekanan pita suara yg berlebihan. Teknik menyanyi yang salah menjadi penyebab utama. Jadi agar tidak terjadi perlu latihan pernafasan, sehingga tidak memakai pita suara berlebihan. Seperti pada penyanyi profesional ,memakai pernafasan perut. (dr. STEFANI JAYATI, Sp.THT-KL)

  • Apakah Lubang Gigi jika dibiarkan akan Berbahaya?

    Tanya : Dok, apakah lubang gigi jika dibiarkan akan berbahaya?

    Jawab : Akan menyebabkan bakteri semakin menumpuk sehingga dapat menimbulkan penyakit lain di dalam rongga mulut dan penyakit pada organ tubuh lainnya. Diantaranya :
    1.) Nyeri pada gigi terutama saat makan. Nyeri dapat bertambah hebat apabila gigi telah berlubang hingga ke saraf gigi.
    2.) Infeksi Pembuluh Darah. Hal ini terjadi ketika bakteri pada gigi berlubang masuk dan menginfeksi pembuluh darah dan menyebar ke seluruh organ tubuh yang dialiri oleh pembuluh darah yang terinfeksi dan menimbulkan infeksi sistemik.
    3.) Radang pada gigi dan jaringan sekitarnya. Peradangan ini dapat mengenai gusi sehingga menjadi bengkak dan bernanah (abses). Juga dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada gigi.
    4.) Kehilangan gigi. Apabila telah terjadi pembusukan yang tidak dapat disembuhkan lagi maka gigi tersebut harus dicabut.
    5.) Infeksi pada rongga sinus. Gigi yang sering menjadi penyebab sinusitis adalah gigi geraham atas sebelah kanan dan kiri. Akibatnya ketika gigi geraham lubang dan dibiarkan tanpa perawatan bakteri akan masuk ke ujung akar gigi geraham menuju ruang sinus.
    (drg. NUNIEK RAKHMAWATI)

  • Apa yang harus dilakukan jika muncul gigi bungsu yang menyebabkan rasa nyeri?

    Tanya : Apa yang harus saya lakukan jika muncul masalah dengan wisdom teeth atau gigi geraham bungsu? karena terkadang sering bengkak pada gusi dan nyeri.

    Jawab : Memang pada awal pertumbuhan gigi geraham bungsu agak sakit. Namun, jika gigi tersebut sudah tumbuh secara sempurna nyeri lambat laun akan hilang. Apabila masih nyeri ketika sudah tumbuh total maka segera konsultasikan ke dokter gigi karena kawatir gigi tersebut tumbuh dengan tidak benar. (drg. ACHMAD NADIAN PERMANA)

  • Apakah kebiasaan minum susu botol dapat menyebabkan Karies?

    Tanya : Apakah kebiasaan minum susu botol ketika tidur dapat membuat gigi anak menjadi karies?

    Jawab : Iya. karena makanan manis adalah salah satu penyebab karies. Sebisa mungkin ketika malam menghindari susu botol. Biasakan menggosok gigi sebelum tidur, apabila belum tumbuh gigi dapat menggunakan kassa basah yang basah dan bersih. (drg. ACHMAD NADIAN PERMANA)

  • Apa itu Migren?

    Tanya : Dok, saya sering migren hampir satu bulan sekali. Migrennya bikin mual. Apa itu karena sering terpapar radiasi dari barang elektronik ya dok? Atau karena mata saya yg silinder?

    Jawab : Migren itu murni nyerinya dibagian kepala bagian sebelah, kanan atau kiri. Harus segera dikonsulkan ke dokter apakah benar itu migren atau bukan karena obat migren tidak dijual dipasaran. Kalau ada permasalahan di mata akan mempengaruhi nyeri kepala. Terpapar radiasi bukan penyebab utama sakit kepala, namun sakit kepala dipicu atau dipengaruhi oleh radiasi. (dr. SYAFIRA HANUM, Sp.S, M. Biomed)

  • Apa Itu Cephalgia atau Sakit Kepala?

    Tanya : Apakah yang dimaksud dengan cephalgia atau sakit kepala?

    Jawab : Adalah perasaan nyeri atau tidak nyaman di bagian kepala yang dapat menjalar sekitar wajah, gigi, telinga, dan rahang. Cephalgia terbagi menjadi dua yaitu primer yaitu vertigo, migren dll. Adapun nyeri kepala sekunder karena faktor lainnya seperti akibat ada serangan stroke, infeksi otak, tumor, akibat kecelakaan atau trauma. Jadi kita harus paham betul jenis nyeri kepala agar tidak berlarut-larut dan tepat pengobatan. (dr. SYAFIRA HANUM, Sp.S, M. Biomed)

  • Apakah berbahaya jika masih ada cairan pada bekas Tumor Otak?

    Tanya : Dokter, ketika orang sakit tumor otak di CT Scan ulang kemudian ada cairannya di bekas tumor otaknya, apakah berbahaya dokter?

    Jawab : Harus tahu terlebih dahulu cairan apa yang di maksud. Jika maksudnya adalah cairan otak (CSF) yang mengisi rongga kepala yang tadinya diisi oleh tumor untuk sementara waktu, itu normal saja. Tetapi tetap harus dievaluasi secara berkala dan harus dikonsultasikan ke dokter langsung untuk mengurangi tingkat kesalahan. (dr. DONNY WISNU W. Sp.BS)

  • Bagaimana harusnya posisi tidur seseorang yang mempunyai Tumor Otak?

    Tanya : Salam sejahtera dokter. Saya mau bertanya, jika semisal ada tumor selaput otak di bagian kepala sebelah kanan, apa boleh tidur dengan menindih kepala sebelah kanannya dokter?

    Jawab : Apa ini sudah operasi atau belum? Intinya jika masih ada tempurung kepalanya boleh-boleh saja. Selama ada tempurungnya, baik yang sebenarnya maupun tulang buatan aman untuk kepala. (dr. DONNY WISNU W. Sp.BS)

  • Apakah ibu menyusui juga harus minum susu?

    Tanya : Dokter, sebelumnya terimakasih atas kesempatan yang diberikan. Mau tanya seputar ibu menyusui apa juga harus minum susu menyusui?

    Jawab : Tidak harus, optional saja. Jika ibu menyukai minum susu maka boleh saja minum namun jika si ibu tidak begitu menyukainya maka tidak perlu dan juga tidak bermasalah. Hal yang penting adalah ibu tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan jumlah yang cukup. (dr. ARAUNA CATALIA, SP.A)

  • Bila terserang Typus, makanan apa yang harus dihindari?

    Tanya : Ngapunten dr. Ara, mau tanya, bila anak terserang typus makanan apa yang harus dihindari? Apalagi anak suka makan buah?

    Jawab : Makanan pedas, kecut, dan juga berserat tinggi untuk sementara dihindari terlebih dahulu. Untuk buah boleh diberikan tetapi dalam bentuk jus (untuk mengurangi kandungan seratnya). Berikan makanan tinggi protein (tahu, tempe, daging merah, ikan, ayam) untuk mempercepat proses penyembuhan anak. (dr. ARAUNA CATALIA, SP.A)

  • Apa itu Diare?

    Tanya : ‘’Selamat siang Dokter. Bagaimana cara menangani Diare secara mandiri di rumah? Terimakasih”

    Jawab : Pertama cairan yang keluar harus segera diganti, yaitu dengan minum oralit (larutan gula dan garam), dan ASI. Kedua, istirahat yang cukup. Ketiga, hindari minum susu sapi dan produk olahannya kecuali yogurt. Keempat, makan makanan tinggi kalori & mikronutrien seperti nasi, gandum, daging, buah & sayur. Kelima, hindari makanan pedas, asam, dan bersantan dalam waktu bersamaan. (dr. HARJOEDI ADJI T, Sp.A (K))

  • Kapan harus melakukan konsultasi dengan dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (KFR)?

    Tanya : Dokter, kapan saya harus ke dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (KFR)?

    Jawab : Ketika mengalami,
    1) Keluhan yang berhubungan dengan otot, sendi dan tulang.
    2) Keluhan penyakit gangguan saraf.
    3) Keluhan tumbuh kembang anak.
    4) Keluhan paru dan saluran napas.
    5) Keluhan jantung.
    6) Keluhan olahraga.
    7) Pembuatan alat bantu (ortotik, prostetik)
    (dr. M. BARLIAN NUGROHO, Sp.KFR)

  • Apakah alat Cryotherapy dapat mengatasi dislokasi lutut?

    Tanya : Dokter, Apakah alat Cryotherapy yang ada di RS Wava Husada bisa untuk mengatasi dislokasi lutut?

    Jawab : Untuk Dislokasi lutut harus dibetulkan terlebih dahulu dislokasinya oleh dokter spesialis Orthopedi dan Traumatologi. Setelah dislokasinya teratasi, radang dan nyerinya bisa diterapi dengan Cryotherapy. (dr. M. BARLIAN NUGROHO, Sp.KFR)

  • Mengapa saat Kram Lutut atau Kaki, tulang-tulang di sekitarnya dapat mengeras?

    Tanya : Saat sedang kram lutut atau kaki, tulang-tulang disekitarnya biasanya mengeras dokter? Mengapa bisa demikian?

    Jawab : Kram itu terjadi spasme otot (kontraksi otot) yang bersifat keras. Jika ada cedera atau kelainan sekitar lutut, tubuh mempunyai pertahanan diri. Jika ada kelainan di lutut akan terjadi spasme otot. Fungsinya agar daerah lutut tidak banyak bergerak. Agar tidak terjadi kerusakan atau tambah parah. Efek spasme otot menyebabkan keluhan nyeri. Tujuannya juga supaya penderita tidak menggerakkan daerah yang sakit. (dr. JOHAN BASTIAN , Sp.OT)

  • Apakah diperkenankan mengonsumsi suplemen penguat tulang?

    Tanya : Apakah diperkenankan mengonsumsi minuman suplemen penguat tulang dalam sehari-hari dokter?

    Jawab : Diperkenankan. Khususnya selama masa pertumbuhan, saat setelah patah tulang, saat hamil, saat menyusui. Namun perlu memperhatikan dosis yang tepat. (dr. JOHAN BASTIAN , Sp.OT)

  • Apa yang dimaksud dengan Kesehatan Mental dan apa penyebabnya?

    Tanya : Dokter, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kesehatan mental dan apa penyebabnya seseorang mengalami gangguan penyakit kejiwaan?

    Jawab : Kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan seseorang terutama secara psikologis dapat dikatakan sehat mental dan mampu untuk berbahagia, mandiri, dan dewasa (bertanggungjawab). Jika tidak memenuhi ketiga kategori tersebut maka seseorang dapat dikatakan gangguan mental, baik dari segi perasaan, pikiran dan perilakunya.
    Ada banyak faktor (multifaktor) penyebab. Hal itu bisa terjadi sejak kehamilan, kelahiran, bahkan saat tumbuh kembang dan dewasa. Pergaulan, pola asuh, pekerjaan, pendidikan adalah segelintir pengaruh pada kesehatan mental seseorang. (dr. DEARISA SURYA Y., Sp.KJ)

  • Apa sumber permasalahan Kesehatan Mental selalu disebabkan oleh Stres?

    Tanya : Dokter, apa sumber permasalahan kesehatan mental selalu disebabkan oleh stres? Jika iya, bagaimana sih dok kita tahu kalo kita lagi stres atau tidak?

    Jawab : Sebenarnya, stres sifatnya netral karena setiap hari seseorang mengalaminya. Stres membutuhkan penyesuaian (adaptasi), apakah dengan lingkungan atau pekerjaan. Hal yang perlu diketahui, stres bisa berubah menjadi distress dan menyebabkan orang sakit atau justru eustress dimana seseorang menjadi lebih produktif dari adanya stres. Distress terjadi ketika seseorang mengalami perasaan dan pikiran tidak nyaman atau ada gangguan pada perilaku. Distress bisa merupakan akibat atau penyebab dari suatu masalah kesehatan mental. Biasanya seseorang mengalami ketidakmampuan untuk menyeimbangkan potensi dirinya (kapasitas mentalnya) dengan stres yang dihadapi lalu menyebabkan kehilangan kendali dan menjadi distress. (dr. DEARISA SURYA Y., Sp.KJ)

  • Mengapa pada saat demam panggung, jantung berdetak lebih kencang?

    Tanya : Dokter, mengapa saat demam panggung, jantung saya berdetak lebih kencang dari biasanya. Mengapa bisa demikian ?

    Jawab : Jantung juga ikut terimbas. Prinsipnya adalah jantung berusaha menyuplai darah dan oksigen ke seluruh tubuh terutama organ vital. Pada kecemasan atau misalnya saat berolahraga lari, kebutuhan oksigen lebih tinggi. Akhirnya jantung berdetak lebih cepat. Saraf simpatisnya tinggi dan meningkat, adrenalin lebih tinggi, serta jantung memicu lebih cepat. (dr. ARIEF BUDI SANTOSA, Sp.JP-FIHA)

  • Apakah berkeringat di tangan yang berlebih selalu berhubungan dengan jantung, dokter?

    Tanya : Apakah berkeringat di tangan yang berlebih selalu berhubungan dengan jantung, dokter?

    Jawab : Tidak selalu. Bisa disebabkan oleh faktor metabolik, misalnya orang-orang dengan riwayat hipertiroid (gondok) bisa menjadi sebab. Selain itu ada faktor lainnya seperti kecemasan atau stres. Disinilah pentingnya pemeriksaan penunjang untuk mengetahui kondisi lebih pasti. (dr. ARIEF BUDI SANTOSA, Sp.JP-FIHA)

  • Mengapa setiap bangun pagi dada terasa banyak riak?

    Tanya : Dokter, Saya berusia 34 tahun. Setiap bangun pagi merasa dada banyak riak kadang batuk dan keluar riak hijau agak kekuningan. Solusinya apa ya dokter? terimakasih.

    Jawab : Periksa foto thoraks (foto dada) untuk mengetahui ada atau tidak kelainan anatomi Paru. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan hasil foto dada. (dr. HENDRI WIYONO, Sp.P)

  • Mengapa merokok di dalam ruangan ber-AC dilarang?

    Tanya : Dokter, mengapa merokok di ruangan ber-Ac sangat dilarang nggih dok? Apa perbedaan merokok di ruang terbuka dan ketika berada di ruang ber AC? Mohon petunjuknya.

    Jawab : Merokok baik di ruangan ber-AC atau tidak ber-AC tidak baik untuk kesehatan. Merokok di ruangan ber AC lebih merugikan karena biasanya pada ruangan tertutup dan asap dari rokok lebih terlembabkan dengan AC dan lebih mudah terhirup ke dalam sistem pernapasan. (dr. HENDRI WIYONO, Sp.P)