Open/Close Menu Wava Husada

ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy merupakan prosedur untuk mengatasi batu ginjal dengan memanfaatkan gelombang kejut. Prosedur ini memungkinkan untuk menyembuhkan batu ginjal tanpa melakukan operasi atau prosedur pembedahan. ESWL dapat menjadi salah satu rekomendasi pengobatan untuk batu ginjal.

Cara kerja ESWL sendiri dengan memanfaatkan gelombang kejut yang difokuskan oleh sinar-X  ke batu ginjal untuk memecah batu-batu tersebut. Dokter urologi akan menyesuaikan kekuatan dan waktu gelombang kejut sesuai ukuran dan banyaknya batu ginjal supaya lebih efektif untuk memecah batu ginjal. Batu ginjal yang telah dipecah akan dikeluarkan melalui urine.

ESWL dapat dilakukan jika kondisi batu ginjal pada pasien berukuran kurang dari 20 mm atau 2 cm. Hal ini kerana pada ukuran tersebut tingkat pemecahan batu sangat tinggi sehingga ESWL merupakan salah satu metode yang sangat direkomendasikan untuk pasien batu ginjal dengan batu berukuran di bawah 20 mm. Jika ukuran batu ginjal sudah lebih dari itu akan disarankan untuk menjalani prosedur lain.

Jika ingin melakukan ESWL, Sahabat Wava harus berkonsultasi dengan dokter urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang mendetail dan melakukan pemeriksaan fisik yang lengkap. Pasien akan disarankan membawa hasil tes seperti foto Rontgen, CT scan, USG, maupun MRI. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menghilangkan kontraindikasi dengan ESWL. Biasanya pada pasien yang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter akan menganjurkan pasien untuk berhenti minum obat tersebut 1 minggu sebelum ESWL.

Prosedur ESWL

Pertama, pasien akan diminta mengganti baju dengan pakaian medis kemudian dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan obat penenang. Setelah itu, prosedur ESWL akan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Pasien berbaring diatas tempat tidur khusus, bagian belakang ginjal yang terdapat batu ginjal dan akan diletakkan bantal berisi air
  • Kemudian dokter akan memberikan bius lokal, setengah badan atau total agar pasien tidak merasakan sakit selama prosedur ESWL berlangsung. Dokter akan menentukan lokasi batu ginjal dengan USG, kemudian mengatur posisi pasien agar gelombang kejut tepat mengenai batu ginjal.
  • Setelah mengetahui posisi batu ginjal, mesin akan mengirimkan gelombang kejut untuk memecah batu ginjal menjadi lebih kecil
  • Pada beberapa kasus, seperti pasien yang mengalami penyumbatan batu di saluran urin, dokter akan melakukan teknik stenting, yakni memasukkan selang khusus pada lubang kencing sampai ginjal sebelum ESWL.
  • Setelah melakukan prosedur ESWL, pasien akan diminta beristirahat selama 2 jam atau melakukan rawat inap hingga kondisi pasien benar-benar pulih.
  • Pasien akan diminta untuk banyak minum air putih dan menghindari minuman beralkohol sampai 24 jam setelah prosedur ESWL

Umumnya prosedur ESWL berlangsung selama 45 hingga 60 menit. Penting bagi Sahabat Wava untuk mengikuti prosedur yang dianjurkan oleh dokter pasca tindakan untuk meminimalisir komplikasi atau efek samping.

Segera konsultasikan kondisi kesehatan Sahabat Wava kepada dokter spesialis urologi di Rumah Sakit Wava Husada untuk mengetahui pilihan pengobatan yang tepat. Ketahui jadwal praktik dokter spesialis urologi melalui (link jadwal dokter) atau hubungi Call Center Rumah Sakit Wava Husada melalui WhatsApp +62856-0890-2900.

Spesialis Urologi Jadwal Dokter
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Kontak kami        0341.393000

Promo Codes papers 3 discount code Courseworkspot.co.uk Promo code 2023 Buy Promo Code here ProjectsDeal.co.uk discounts paying someone to write your paper AssignmentHelp4Me.com discounts Buy coupon code now The Assignments Coupon Code pay people to do your homework Voucher Code instant essay writing who can write my essay Essayquake.com Promo code 2023 Discount Code Discount Coupon GrabMyEssay Discount Promo Codes Up to 40% Global Projects Help Coupon Codes should i pay someone to write my resume PrimeEssays.co.uk coupon code