HARUS TELITI AGAR MENDAPATKAN DIAGNOSA YANG TEPAT

Bergabungnya dr. Minuk Pratiwi, Sp.Rad dalam dunia kedokteran tidak lain adalah karena ingin mewujudkan impian dan harapan orang tua. Meskipun bukan berasal dari keluarga dengan latar belakang kesehatan, akhirnya dr. Minuk, panggilan akrabnya, berhasil menyelesaikan pendidikan dokternya di Universitas Airlangga pada Tahun 1990.

Lulus dari Fakultas Kedokteran UNAIR, dokter yang memiliki hobby mengoleksi barang-barang keramik antik dari berbagai negara tersebut kemudian menjalani praktik sebagai dokter jaga IGD di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Ketertarikannya akan analisa membuat dr. Minuk pada tahun 1995 memutuskan untuk mengambil Spesialis Radiologi.Pemeriksaan radiologi sesungguhnya adalah sebuah citra (imaging) yang dihasilkan dari sebuah alat dimana dapat memberi dimensi baru guna menjawab banyak pertanyaan dan mampu membantu klinisi lain dalam mendiagnosis sebuah kondisi pasien hingga mampu memberikan perawatan yang tepat.

“Meskipun tidak mengobati pasien secara langsung, namun menariknya menjadi Radiolog adalah harus jeli menganalisa gambar atau foto hasil radiologi. Kita tidak bisa memutuskan diagnosa penyakit pasien secara langsung, butuh data-data penunjang lainnya karena terkadang satu gambar memiliki banyak diagnosa,” tutur dokter kelahiran Surabaya, 4 April 1965 tersebut.

Lebih lanjut, adalah sebuah kepuasan bagi dr. Minuk jika segala apa yang dirinya kerjakan itu sesuai dan hasilnya cocok. “Kalau diagnosa yang saya tetapkan ternyata hasilnya tidak sesuai maka bisa jadi masukan supaya lebih teliti,” ujarnya.

Menurutnya, menjalani profesi mulia ini selama 28 tahun serta merta tidak lepas dari takdir yang telah Allah SWT tetapkan. “Tempat yang kita pijak itu sudah ditakdirkan sehingga kita harus memanfaatkan apa yang telah diberikan kepada kita. Sebagai dokter radiologi apa yang mampu saya berikan ke orang lain selagi itu bermanfaat pasti akan saya bagi. Terkadang kalau sedang capek inilah yang terus saya ingat agar kembali semangat berbagi kepada yang membutuhkan,” tutup dokter radiologi pertama di RS Wava Husada tersebut.

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000