World Health Organization (WHO) menjelaskan tujuan imunisasi adalah melindungi seseorang atau sekelompok masyarakat terhadap penyakit tertentu bahkan menghilangkan penyakit tersebut di dunia. Agar terlindungi dari penyakit tersebut, seseorang harus mempunyai kekebalan tubuh dengan cara membentuk antibodi dengan kadar tertentu (kadar protektif) yang dapat melindungi dirinya. Untuk mencapai kadar protektif, maka imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sayangnya, sejak awal tahun 2020, ketika dunia mulai risau dengan merebaknya virus Corona, banyak masyarakat menunda kedatangannya ke layanan kesehatan sebagai penyedia fasilitas. Tidak lain karena perasaaan takut khawatir. Lalu bagaimana masyarakat menyikapi ini dengan bijak?

Ikatan Dokter Anak Indonesia dalam postingan Instagram (terupdate 27 Maret 2020) tentang rekomendasi imunisasi anak pada situasi pandemi Covid-19 menjelaskan, imunisasi dasar penting bagi bayi dan anak (terutama pada anak yang berusia di bawah 18 bulan) untuk melindungi dari berbagai penyakit berbahaya yang telah berjalan selama ini yang sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian imunisasi (seperti misalnya: TBC, polio, difteri, pertussis, dll). Perlu untuk diketahui sampai artikel ini disebarluaskan belum ada imunisasi pencegahan infeksi Covid-19.

Lebih lanjut IDAI memaparkan, apabila banyak bayi dan balita yang tidak mendapat imunisasi dasar lengkap, kelak dapat terjadi wabah berbagai penyakit lain yang akan mengakibatkan banyak anak yang mengalami sakit berat, kecacatan, bahkan sampai kematian. Oleh karena itu layanan imunisasi dasar tetap harus diberikan di layanan kesehatan (rumah sakit) sesuai dengan jadwal.

Di Rumah Sakit Wava Husada layanan imunisasi tetap berjalan dengan mengikuti prosedur dan standart kesehatan yang berlaku. Warga kabupaten Malang dan sekitarnya yang akan menjalankan imunisasi diimbau untuk memakai masker, menjaga jarak (tidak berkerumun) ketika berkunjung ke rumah sakit.

Imunisasi di Rumah Sakit Wava Husada akan dilayani di Klinik Spesialis Anak oleh:

  • dr. Gitari Rahayu, Sp.A
  • dr. Nur Ramadhan, Sp.A
  • dr. Arauna Catalia, Sp.A

Perihal jam praktik dokter dan informasi lain mengenai Rumah Sakit Wava Husada dapat menghubungi Official Whatsapp : 085608902900

Tarif Paket Vaksin 2020

Artikel ini berdasarkan konsultasi dengan dr. Arauna Catalia, Sp.A. (Penulis : Salis Fitria)

© 2019 - RS Wava Husada

Kontak kami        0341.393000